Macam-Macam Beasiswa di Korea Selatan

Written By Bermanfaat on Wednesday, October 26 | 1:53 AM

Korea Selatan kini mulai dilirik dunia sebagai salah satu negara maju dan modern karena perkembangan teknologinya. Meski demikian, masyarakat Korea tetap memegang teguh tradisi dan budaya asli mereka. Perpaduan inilah yang menjadi salah satu alasan orang untuk mempelajari bahasa dan budaya Korea, atau pun teknologi.
Menyikapi meningkatnya animo mahasiswa menempuh studi di Negeri Ginseng tersebut, Kementerian Pendidikan, Sains, dan Teknologi Republik Korea melalui National Institute for International Education (NIIED) menyelenggarakan beberapa program beasiswa.

Untuk studi pada jenjang strata satu, tersedia program beasiswa Korean Government Scholarship Program (KGSP). Beasiswa ini memberikan kesempatan para pelajar internasional untuk menempuh studi di institusi-institusi pendidikan terkemuka di Korea.


"Lewat program ini, pemerintah Korea Selatan ingin mempererat kerja sama dengan negara-negara sahabat," tulis Reny Y dalam buku Kuliah Gratis di Luar Negeri.


Info lengkap tentang KGSP dapat dilihat di laman www.ied.go.kr.


Sementara, untuk tingkatan master, ada Graduate Scholarships Program. Tiap tahun pemerintah Korea Selatan menetapkan kuota beasiswa untuk 305 mahasiswa dari 107 negara di luar Korea.


Selain beasiswa, pemerintah Korea Selatan juga memberikan dana bantuan studi melalui berbagai kementerian. Kebanyakan bantuan studi tersebut diberikan dalam rangka kegiatan penelitian pada jenjang master dan doktor.


Selain dua jenis beasiswa yang disebutkan sebelumnya, berikut daftar program beasiswa yang ditawarkan pemerintah Korea Selatan:


1. Korean Government Foreign Student Scholarship

Program pendidikan sarjana selama empat tahun ini disponsori Kementerian Pendidikan dan Sumber Daya Manusia Republik Korea. Situs yang bisa dilihat adalah www.ied.go.kr.

2. Research Fellowships for International Graduate Student Program

Program ini ditujukan untuk bidang sains dan teknik dengan lama studi dua tahun untuk program magister dan tiga tahun untuk jenjang doktoral. Para penerima beasiswa akan mendapatkan sekira USD700-900 per bulan. Informasi selengkapnya bisa disimak di www.ied.go.kr.

3. Korean Government IT Scholarship Program

Seperti namanya, beasiswa ini diberikan untuk peminat bidang studi information technology (IT). Masa studi jenjang magister dipatok dua tahun dengan beasiswa sebesar US$10 ribu. Sementara, penerima beasiswa jenjang doktor diberi waktu tiga tahun dengan dana beasiswa US$14 ribu. Keterangan lengkap bisa dilihat di laman www.korea4u.org.

4. Art Major Asian (AMA) Scholarship

Beasiswa dalam bidang seni ini ditujukan untuk jenjang sarjana, dengan masa studi empat tahun, serta dua hingga tiga tahun utnuk jenjang magister. Pemerintah Korea memberikan dana hingga US$18 ribu per tahun untuk kategori ini. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di www.knua.ac.kr.

5. Graduate Studies for Foreign Students in Korea

Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Republik Korea memberikan beasiswa dalam bidang studi sosial seperti bahasa, budaya, dan sejarah Korea. Keterangan lengkap mengenai program beasiswa ini bisa dilihat di www.kf.or.kr.

Sementara, beberapa beasiswa yang ditawarkan lembaga atau yayasan Korea antara lain:

1. The International Scholar Exchange
Beasiswa pertukaran pelajar ini diselenggarakan oleh Korean Advanced Education Foundation bagi para peneliti atau akademisi di seluruh Asia yang tertarik menekuni ilmu sosial, energi, serta komunikasi dan informasi. Situs www.kfas.or.kr menyediakan informasi lengkap mengenai beasiswa ini.

2. Korean Language Training Scholarship

Beasiswa bahasa dan budaya Korea ini diberikan International Trade Department selama enam bulan hingga satu tahun dengan kisaran biaya antara US$900-1.100 per bulan. Informasi lebih lanjut mengenai program ini dapat disimak di www.kf.or.kr. 

No comments:

Post a Comment